Minggu, 15 November 2015

E-Commerce

http://www.mytotalretail.com/wp-content/uploads/sites/14/2015/07/e-commerce_small.png

       Teknologi saat ini berkembang secara pesat. Banyak orang yang memanfaatkan kemajuan dari teknologi saat ini, diantaranya perdagangan (E-Commerce). Istilah E-Commerce ini sudah tidak asing lagi bagi dunia perbisnissan dan dunia teknologi.

Pengertian E-Commerce

       E-Commerce (Electronic Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Sumber.
   
       E-Commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik,sistem pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistem komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya. Sumber.

       Dalam teknologi informasi E-Commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari E-Business dimana E-Business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis-jenis kegiatan yang dilakukannya. Sumber.

Beberapa pendapat tentang E-Commerce

E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston mendefinisikan dari beberapa perspektif, yaitu :

1. Dari perspektif komunikasi,
E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;

2. Dari perspektif proses bisnis,
E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;

3. Dari perspektif pelayanan,
E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan

4. Dari perspektif online,
E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya. Sumber.

       Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial. Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.Sumber.

Jenis-Jenis E-Commerce

       Jenis-jenis pada E-Commerce yang bisasanya dilakukan banyak orang melauli media internet adalah sebagai berikut :

1. E-Commerce Businesss to Businness (B2B)
       Jenis E-Commerce Business to Business (B2B) adalah bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisns di dalamnya dimana kedua belah pihak biasanya sudah saling mengenal dan saling mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu sama lain.

       Biasanya jenis bisnis B2B dilakukan secara berkelanjutan atau saling berlangganan, transaksi ini dilakukan karena antara kedua belah pihak saling menguntungkan dan adanya kepercayaan satu sama lain.

       Contoh dari bisnis B2B adalah dua perusahaan yang saling mengadakan transaksi jual beli atau supply barang yang dilakukan melalui transaksi online dari internet, begitu juga dengan sistem pembayaran yang biasanya mereka lakukan yaitu dengan menggunakan kartu kredit (Credit card) dari internet.

2. E-Commerce Business to Consumer (B2C)
        Jenis E-Commerce Business to Consumer (B2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya jke konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback (umpan balik) dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjaul atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.

3. E-Commerce Consumen to Consumen (C2C)
        Jenis E-Commerce Consumen to Consumen (C2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara konsumen dengan konsumen, sebagai contoh pelanggan dari sebuah produsen akan menjual kembali kepada konsumen lainnya.

4. E-Commerce Consumen to Business (C2B)
       Jenis E-Commerce Consumen to Business (C2B) adalah jenis bisnis yang dilakukan oleh konsumen kepada para produsen yang menjual produk ataupun jasanya, sebagai contoh konsumen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang dia inginkan melalui media internet kepada para produsen, yang kemudian produsen yang mengetahui permintaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Kelompok 4 | Powered by Blogger